Cara membuat tabel di microsoft word

Cara membuat tabel di microsoft word - Microsoft word 2007 menyediakan fasilitas table dengan beberapa tambahan , untuk membuat tabel pertama anda masuk tab insertàmasuk pada icon table àuntuk membuat tabel dengan empat kolom dan empat baris maka pilih empat kotak kebawah dan empat kotak kekanan.



Untuk merubah tinggi baris juga dapat dilakukan dengan meletakkan pointer mouse pada sisi bawah klik tahan dan tarik ke arah bawah.


Lalu untuk memasukkan teks ke dalam tabel , klik di dalam sel yang akan diisi kemudian ketik seperti biasa untuk pindah ke sel lain gunakanlah panah pada keyboard atau bisa juga klik pada sel tersebut.

Untuk menambahkan kolom pada tabel, klik terlebih dahulu kolom mana yang akan ditambahkan àkemudian buka tab layout serta klik icon insert left untuk menambahkan kolom di sebelah kiri.


Maka akan muncul kolom baru di sebelah kiri.


Dengan cara yang sama , dapat menbahkan kolom di sebelah kanan.


Maka kolom di sebelah kanan kolom yang kita pilih akan muncul kolom yang baru.


Dan selanjutnya adalah cara menghapus kolom yang tidak dipakai yaitu dengan cara pilih terlebih dahulu kolom yang akan kita hapus àkemudian pada tab layout klik delete àlalu pilih delete columns.



Maka colum yang telah dipilih akan hilang.


Untuk menambahkan baris pada tabel juga dapat dilakukan dengan cara yang sama yaitu pilih baris yang akan kita tambah baris baru àkemudian klik insert below pada tab layout.


disini kita akan menambah dua baris baru pada baris terakhir  jadi pada insert below kita klik dua kali maka akan menjadi seperti berikut ini.


Selanjtunya untuk menentukan alignment atau perataan pada text dapat dilakukan dengan cara pilih sel yang akan diatur àlalau pilih alignment dan kita dapat mimilih sesuai dengan kebutuhan kita.


Kali ini kita pilih align center left maka akan menjadi seperti berikut ini.



Kemudian jika masih ada yang ingin diatur perataannya maka gunakan langkah seperti diatas.
Berikutnya untuk menggabungkan beberapa sell dapat dilakukan dengan cara pilih sel-sel yang akan digabungàkemudian klik merge cells pada tab layout.


Dan sel yang telah kita pilih akan di gabung seperti di bawah ini.


Tabel pada office word juga dilengkapi dengan fasilitas formula yaitu fasilitas bagian dari tabel tools yang hanya akan muncul jika sedang mengerjakan tabel , caranya adalah dengan masuk ke tab layout àklik data lalu pilih formula.


Kemudian secara default formula yang muncul adalah =sum(left) yang menjumlahkan angka yang ada di sebelah kirinya, formula dapat diubah sesuai dengan keperluan yaitu dengan cara menghapus formula yang ada kemudian masukkan formula baru dengan cara diketik contohnya disini adalah mengalikan isi dari kedua cell di sebelah kiri yaitu =3*60000 serta pemformatan nomor diubah sehingga menampilkan angka ribuan.







Dengan cara yang sama dapat menambahkan formula pada cell-cell dibawahnya.
Kemudian untuk cell yang paling bawah digunakan rumus =sum(above) yaitu menjumlahkan cell-cell yang ada diatasnya.

Maka akan muncul total dari cell-cell yang berada di atasnya.


Nah cukup  sekian sobat tutorial tentang cara membuat tabel di microsoft word untuk kali ini , jika ada yang ingin bertanya ataupun sharing dan kritik maupun sarana mengenai cara membuat tabel ini silahkan corat-coret aja di bawah ini karena malu bertanya sesat dijalan kawan.







0 Response to "Cara membuat tabel di microsoft word"

Posting Komentar