Untuk merubah tinggi baris juga dapat dilakukan dengan
meletakkan pointer mouse pada sisi bawah klik
tahan dan tarik ke arah bawah.
Lalu untuk memasukkan teks ke dalam tabel , klik di dalam
sel yang akan diisi kemudian ketik seperti biasa untuk pindah ke sel lain
gunakanlah panah pada keyboard atau bisa juga klik pada sel tersebut.
Untuk menambahkan kolom pada tabel, klik terlebih dahulu
kolom mana yang akan ditambahkan àkemudian
buka tab layout serta klik icon insert left untuk menambahkan kolom di sebelah
kiri.
Maka akan muncul kolom baru di sebelah kiri.
Dengan cara yang sama , dapat menbahkan kolom di sebelah
kanan.
Maka
kolom di sebelah kanan kolom yang kita pilih akan muncul kolom yang baru.
Dan
selanjutnya adalah cara menghapus kolom yang tidak dipakai yaitu dengan cara
pilih terlebih dahulu kolom yang akan kita hapus àkemudian pada tab layout klik delete àlalu pilih delete columns.
Maka colum yang telah dipilih akan hilang.
Untuk menambahkan baris pada tabel juga dapat dilakukan
dengan cara yang sama yaitu pilih baris yang akan kita tambah baris baru àkemudian klik insert
below pada tab layout.
disini kita akan menambah dua baris baru pada baris terakhir
jadi pada insert below kita klik dua
kali maka akan menjadi seperti berikut ini.
Selanjtunya untuk menentukan alignment atau perataan pada
text dapat dilakukan dengan cara pilih sel yang akan diatur àlalau pilih alignment
dan kita dapat mimilih sesuai dengan kebutuhan kita.
Kali
ini kita pilih align center left maka akan menjadi seperti berikut ini.
Kemudian jika masih ada yang ingin diatur perataannya maka
gunakan langkah seperti diatas.
Berikutnya untuk menggabungkan beberapa sell dapat dilakukan
dengan cara pilih sel-sel yang akan digabungàkemudian
klik merge cells pada tab layout.
Dan sel yang telah kita pilih akan di gabung seperti di
bawah ini.
Tabel pada office word juga dilengkapi dengan fasilitas
formula yaitu fasilitas bagian dari tabel tools yang hanya akan muncul jika sedang
mengerjakan tabel , caranya adalah dengan masuk ke tab layout àklik data lalu pilih
formula.
Kemudian secara default formula yang muncul adalah
=sum(left) yang menjumlahkan angka yang ada di sebelah kirinya, formula dapat
diubah sesuai dengan keperluan yaitu dengan cara menghapus formula yang ada
kemudian masukkan formula baru dengan cara diketik contohnya disini adalah
mengalikan isi dari kedua cell di sebelah kiri yaitu =3*60000 serta pemformatan
nomor diubah sehingga menampilkan angka ribuan.
Dengan cara yang sama dapat menambahkan formula pada
cell-cell dibawahnya.
Kemudian untuk cell yang paling bawah digunakan rumus
=sum(above) yaitu menjumlahkan cell-cell yang ada diatasnya.
Maka akan muncul total dari cell-cell yang berada di atasnya.
Nah cukup sekian sobat
tutorial tentang cara membuat tabel di microsoft word untuk kali ini , jika ada yang ingin bertanya
ataupun sharing dan kritik maupun sarana mengenai cara membuat tabel ini
silahkan corat-coret aja di bawah ini karena malu bertanya sesat dijalan kawan.
0 Response to "Cara membuat tabel di microsoft word"
Posting Komentar